PKM: Peran Kita sebagai Muslim ^^


Edisi maksa bgt nih :p

Setelah membahas betapa luar biasanya urgensi dari me-ramadhan-kan hidup kita, tentu kita perlu merealisasikannya melalui karya-karya nyata kita. Pernah denger issue-issue tentang PKM kan? Kalau jawabannya nggak pernah, berarti nggak gaul tuuh :p

Hehe, bercandaaa ^^v

Nggak usah pake basa-basi deh yaaaa. PKM ituu, sarana untuk merealisasikan Peran Kita sebagai seorang Muslim. Eittts, ngawur nih. Maksudnya, Program Kreativitas Mahasiswa.

Acara tahunan Kementrian Pendidikan Nasional ini bertujuan untuk mewadahi mahasiswa dalam berkarya untuk dunia. Kegiatan ini pada dasarnya tak jauh berbeda dengan lomba-lomba karya ilmiah maupun karya tulis lainnya. Perbedaannya hanya terletak di sifat karya yang aplikatif dan memasyarakat.

PKM itu banyak cabangnya lho. Ada PKM-P yang paling banyak diminati mahasiswa dan dosen. PKM-P ini lebih mengarah ke penelitian. Biasanya yang ikutan PKM-P itu kolaborasi SITH, FMIPA sama SF nih. Soalnya kan mereka bangeet. Hehe ada juga PKM-K yang mengarah pada kewirausahaan. Buat kamu-kamu yang berjiwa entrepreneur harusnya ikutan ini nih. Dijamin bisa nampung ide-ide bisnismu. Selain itu ada juga PKM-M yang sangat-sangat meninggikan pengabdian terhadap masyarakat. Biasanya kalo ikutan yang ini dapet dananya gede lho, soalnya kan memakmurkan masyarakaat, hehe.

Nah, selain tiga cabang yang paling banyak diminati tersebut, ada juga PKM-T, PKM-GT, PKM-KC dan PKM-AL. PKM-T itu mengarah ke penerapan teknologi yang sudah ada pada sekelompok masyarakat tertentu. PKM-GT itu kalo kamu punya ide tapi kamu bingun nerapinnya gimana. Kamu bisa jadiin itu karya tulis tanpa harus diterapkan. PKM-KC nggak jauh beda sama PKM-GT, bedanya kalo KC butuh protorype kecilnya. Nah, kalo PKM-AL itu untuk artikel ilmiah. Jadi buat kalian yang suka ngebahas tentang sesuatu yang berbau sains dan teknologi, ikutan ini deh!

PKM itu sebenernya nggak susah kok, cuma ribet. Nah lho apa bedanya coba? Hehe. Maksudnya, ribet ngurus ke LKnya. 😀 Nggak juga sih sebenernya. Yang penting kita mau serius dan sungguh-sungguh ngerjainnya, pasti Allah mudahkan.

Oiya, klo PKM kita keterima nih, alias lolos berbagai rangkaian seleksi, nanti kita bakal didanain dari pemerintah. Range-nya itu dari 8-10 juta. Asik kaaan? Apalagi klo kita bisa maju sampai PIMNAS (pekan ilmiah mahasiswa nasional), nggak cuma borong hadiah lho, tapi kita bakal ketemu mahasiswa-mahasiswa hebat se-Indonesia. 😀

Nah, nggak sabar kan buat berkarya? Buat temen2 yang lagi memperjuagkan PKMnya, semangat yaaaaa, pasti bisa kok. Buat yang ngerasa udah telat, jangan sedih, tahun depan masih ada kok. Yang penting ide-ide kalian di-list aja dari sekarang. Biar bisa diwujudkan tahun depan.

Sekedar info tambahan aja, PIMNAS tahun depan bakal diadain di jogja lhoo. Kalau tahun kemarin kan di Makassar tuh, tapi sayangnya dari ITB belum ada yang bisa dapet medali emas.

Oiya, jadi inget kata-katanya Kak Ubay, kimia 2007, Peraih medali emas PKM-M 2 tahun lalu. Beliau bilang gini, “Namanya juga Pekan Kreativitas Mahasiswa, ya berarti kita bebas berkreasi melalui kegiatan ini. Jangan takut deh buat gagal, lah wong saya aja baru nyusun proposal H-1 batas pengumpulan. Eh pas ke LK nggak taunya batas akhir pengumpulannya diundur. Padahal mah udah bela-belain nggak kuliah hari itu. Hehe”

Soooo, jangan ragu buat ikut kompetisi-kompetisi seperti ini. Ini bisa menjadi sarana dalam merealisasikan Peran Kita sebagai Muslim lho. Dengan berkarya, kelak kita akan bangga menunjukkan identitas kita sebagai seorang muslim!

Keep your struggle and be the best! ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s