Andai Aku Menjadi Hidroksilamin


Aku suka sekali melihatnya. Bahkan aku ingin sekali menjadi dirinya. Ia pandai sekali bergaul dengan teman-teman. Apalagi jika ia sudah bertemu dengan Aldehida dan keton. Mereka klop sekali. aku iri dengannya. Ia bisa cemerlang dengan kristalnya yang indah ketika ia berkumpul dengan teman-temannya. Aku jadi teringat, dialah yang ditunjuk saat percobaan penentuan kadar besi 2 hari yang lalu. Kata bu guru, dia sangat reaktif. Karenanya, dialah yang digunakan untuk mempertahankan biloks Fe agar tetap +2. Aaahhh.. dia sangat pintar. Entah bagaimana dia melakukan itu. Tapi setahuku, dia tak bisa membuatnya seperti itu tanpa kehadiran Natrium asetat di sana. Dahulu, saat kami duduk di kelas 2 SMP, dia pernah membuat kasus yang menghebohkan seluruh penghuni sekolah. Dua pabrik besar berhasil dihancurkannya karena sifatnya yang eksplosif dan terkadang berbahaya jika tidak dikontrol. Betapa mirisnya, sampai dia diskorsing untuk beberapa waktu. Hingga akhirnya, dia kembali muncul dengan perubahannya yang baik. Dia sangat suka berteman dengan banyak orang, bahkan bersahabat. Ah, aku ingin seperti dirinya, memancarkan keindahan kristal putihnya yang selalu cemerlang. Membuat sekelilingnya merasa bahagia dengan kehadirannya. Aku ingin seperti dirinya yang mampu membawa manfaat bagi lingkungannya. Sikap rendah hatinya saat menjadi garam klorida, atau sekedar menjadi perantara antara dua senyawa yang berpadu. Semoga kelak aku bisa mengambil sisi positifnya dan menerapkannya dalam kehidupanku. Agar aku bisa menjadi manusia yang berguna bagi agama dan bangsa. :’)

Leave a Reply

