Kesabaran, adakah batasnya?


Saat kelelahan menghampiri diri di tengah peliknya perjuangan, terkadang kita bertanya pada hati, sampai kapankah kita harus bersabar?

Sampai akhirkah? Sampai matikah? Atau sampai kita benar-benar merasa lelah? Atau saat kita sudah merasa putus asa?

Akhir? Bukankah ia penghujung dari sebuah permulaan? Jadi bukan akhir yang menjadi batas kesabaran.

Mati? Bukankah ia batas dari sebuah kehidupan? Jadi bukan kematianlah yang menjadi batas kesabaran.

Lelah? Memang seberat apakah cobaan dan rintanganmu? Sudah melebihi sulitnya rintangan da’wah Rasulullah-kah? Hingga kau merasa menjadi yang paling lelah..

Atau saat kita sudah merasa putus asa? Namun..bukankah kita tidak boleh berputus asa dari rahmat-Nya?

Lalu, adakah batas dari sebuah kesabaran?

Ya, tentu saja ada. Bukan berarti tidak ada. Namun, apa yang membatasi sebuah kesabaran?

Allah berfirman:

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu cobaan sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan dengan bermacam-macam cobaan sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman yang bersamanya: “Kapankah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah bahwa sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat..” (QS Al-Baqarah: 214)

Ya. Bahwa pertolongan Allah-lah yang menjadi batas dari sebuah kesabaran. Bahwa pertolongan Allah-lah indicator berhasil tidaknya kita bertahan untuk bersabar..

Ketika kita bertanya kapankah pertolongan Allah datang, maka berhusnudzonlah, bahwa pertolongan Allah itu sangat dekat. Ia takkan pernah menyia-nyiakan perjuangan kita. Begitu pun Ia takkan pernah membiarkan kita terlarut dalam sebuah ujian yang tak berpenghujung..

Lalu bagaimana jika pertolongan Allah tak jua datang?

Allah berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu..“ (QS. Ali-Imran: 200)

Teruslah bersabar, sahabat.. sebab kita tak pernah tahu kapan pertolongan Allah itu datang.. yang kita tahu adalah janji-Nya tak pernah ingkar pada hamba-hamba-Nya.. bahwa pertolongan-Nya amat dekat bagi mereka yang terus bersabar dan percaya. Percaya pada apa yang Allah tetapkan. Terus berikhtiar menggapai keridhaan. Tak pernah berputus asa dari rahmat-Nya yang luas..

Sungguh, sebaik-baik perencana adalah Allah. Maka, janganlah kau terburu-buru terhadap sesuatu yang telah Allah tunda padahal ingin kau segerakan. Dan janganlah mengeluh terhadap sesuatu yang Dia segerakan padahal ingin kau tunda. Boleh jadi apa yang kau benci adalah sesuatu yang baik bagimu dan apa yang kau cintai adalah sesuatu yang buruk bagimu..

Dialah Zat yang Maha Tahu akan kapasitas hamba-hamba-Nya. Maka janganlah mengeluh jika kemenangan tak jua datang. Namun yakinlah, bahwa Ia akan memberikan sesuatu yang terbaik sesuai dengan kadar kepayahanmu. Allahlah yang menciptakan manusia, maka Dialah yang bertanggungjawab untuk memeliharanya.

Berdoalah, dan sandarkan dirimu dengan sebenar-benarnya sandaran pada-Nya. Tak ada keraguan sedikitpun di dalamnya. Yakinlah, percayalah dan terus percaya. Juga tak boleh ada keraguan sedikitpun di dalamnya. Sebab Ia tak akan pernah meninggalkan kita walau sedetik saja Sebab Ia, sangat dekat dengan kita, bahkan lebih dekat dari urat nadi kita sendiri..

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186)

 

–maka yakinlah, pertolongan Allah itu sangat indah di waktu yang tepat 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Kesabaran, adakah batasnya?

  1. subhanallah shabrina:) i couldn’t agree more…sabar dan syukur selalu…sebagaimana sabda rasulullah..Alangkah beruntungnya orang yang beriman itu,,jika diberi kesulitan maka ia bersabar dan itu baik baginya,,dan jika ia diberi kenikmatan ia bersyukur,dan itu baik baginya…lahaulawala quwata ilabillah..Keep sparkling and inspiring my sister^_^..luvucozallah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s