……….


hey, aku juga punya mimpi

aku juga punya capaian-capaianku sendiri

tapi mengapa seakan semua mengikuti alur mimpimu?

ini aneh

aku merasa seperti dieksploitasi secara perlahan

 

ketahuilah

aku bukan dia, atau mereka

tapi aku juga punya mimpiku sendiri di sini, di jalan ini

mengapa tidak kau tanyakan pada yang lain, bagaimana mimpi mereka di sini

bukan hanya terpusat pada dirimu sendiri

sentris sekali rasanya

bukankah ini amal jama’i?

tapi.. pernahkan kau bertanya pada yang lainnya tentang mimpi mereka di sini?

 

timeline, deadline

apanya?

timelinemu saja? deadlinemu saja?

ini nggak adil

semuanya sesuai dengan keinginanmu

semuanya berjalan mengikuti alurmu

 

kau sok tahu sekali!

kau bilang, kau paham

bahkan mengenal pun tidak!

pernahkah kau bertanya pada mereka?

tentang harapan-harapan mereka, atau setidaknya, tentang kapasitas diri menanggung beban?

sudahkah kau mengetahui kondisi jundi-jundimu?

 

ah, sepertinya kita harus saling mengenal terlebih dahulu

kemudian memahami

lalu saling menanggung beban

bukankah begitu tahapan ukhuwwah?

 

#mencoba objektif. semoga nggak salah, insya Allah untuk kebaikan bersama. walaupun nulisnya sambil nangis..

Leave a Reply

