up-down immunity


kau tahu apa yang terjadi saat antigen berusaha menyerang pertahanan tubuhmu? bagaimana bentuk mekanisme penyerangan balik darinya?

ah iya, aku ingin bercerita tentang hal ini, sebelum aku membahas apa yang sebenarnya ingin aku ceritakan.

saat antigen berusaha menyerang tubuh kita, maka penyerangan balik pertama yang ia lakukan adalah perlindungan lapis pertama. selama tubuh belum membentuk antibodi, ia akan berusaha sekuat tenaga untuk menyerang balik sejak penyerangan pertama. yaitu dari pasukan terluar tubuh kita.

nah, pertahanan ini bersifat nonspesifik. kenapa disebut non spesifik? sebab pertahanan ini berlaku untuk siapa saja yang berusaha memasuki daerah terlarang untuknya.

contoh pasukan dibaris terdepan adalah kulit kita 🙂 kuman dan penyakit yang banyak tersebar di udara tidak dengan mudah masuk dalam tubuh kita. hal ini karena kita memiliki kulit yang berfungsi sebagai pelindung tubuh.

bagian-bagian kulit yang berlapis, menguntungkan sistem pertahanan tubuh kita. apabila satu lapisan kulit tergores dan ada zat asing yang masuk ke dalamnya maka lapisan kulit berikutnyalah yang berfungsi menahan masuknya zat tersebut ke jaringan yang lebih dalam.

nah, sekarang apa yang terjadi jika kuman dan bibit penyakit dapat menembus perlindungan lapis pertama pada tubuh? jreng jreng.. jawabannya adalah, mikroorganisme tersebut akan menghadapi perlindungan lapis kedua. sama halnya dengan perlindungan lapis pertama, perlindungan lapis kedua ini juga bersifat nonspesifik, meliputi neotrofil, monosit, dan natural killer (NK).

mikroorganisme berupa kuman penyakit yang masuk ke tubuh dan merusak sel perlindungan lapis pertama dapat menyebabkan sel-sel yang rusak tersebut menghasilkan zat kimia tertentu. dengan adanya zat kimia tersebut, neutrofil akan terpanggil. selanjutnya neutrofil akan memakan kuman-kuman tersebut secara fagositosis. neutrofil merupakan salah satu bentuk leukosit yang jumlahnya mencapai hampir 60%-90% dari jumlah total leukosit dalam tubuh. selain neutrofil, leukosit juga menghasilkan monosit. jumlah monosit hanya sekitar 5% dari jumlah total leukosit. akan tetapi, pertahanan yang dilakukan monosit terhadap kuman jauh lebih efektif dibanding neutrofil. oleh karena itu, monosit di sebut bersifat makrofag (fagosit terbesar). natural killer (sel pembuluh alami) berbeda dengan neutrofil dan monosit, sebab NK ini tidak bersifat fagosit. NK bekerja melindungi tubuh dengan membuat membran sel kuman menjadi lisis. karena dinding sel yang luruh maka sel kuman mati.

suatu mekanisme tubuh selain menyerang zat-zat asing dengan cara tersebut juga melakukan suatu sistem pertahanan yamg unik. kau pernah mengalami demam atau panas tubuh yang meningkat? demam atau panas tubuh di atas suhu badan normal dihasilkan oleh tubuh untuk mematikan kuman-kuman yang berusaha menyerang kita sampai pertahanan lapis kedua. suhu yang naik sekitar 2-3 derajat Celcius di dalam tubuh mengakibatkan kuman-kuman penyakit mati. gejala demam ini timbul akibat tubuh memproduksi senyawa kimia interleukin. ini merupakan respons adanya serangan kuman penyakit terhadap tubuh yang terluka.

jika ternyata kuman-kuman tersebut mampu menembus pertahanan lapis kedua, maka tubuh tak bisa bersantai ria lagi. kini saatnya beraksi! menunjukkan betapa Mahabesarnya Allah atas segala kekuasaan-Nya.

maka hal yang tubuh lakukan selanjutnya adalah membentuk sistem pertahanan buatan 🙂 apa itu Sistem Pertahanan Buatan?

siapakah pasukan yang mempunyai andil besar dalam hal sistem pertahanan buatan ini? 🙂 jawabannya adalaah… Antibodi! dia dihasilkan dari rumah super di dalam tubuh kita. dari manakah dia ? jreng jreng.. limfosit jawabannya! di tubuh kita, dia punya dua rumah yang kereeen 😀 yaitu limfosit B (sel B) dan limfosit T (sel T). limfosit B inilah yang menghasilkan antibodi. sebenarnya, sel B dan sel T memiliki kemampuan yang sama, yaitu melawan zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh.  tetapi sel B berfungsi menghasilkan antibodi ketika ada kuman yang masuk sedangkan sel T tidak menghasilkan sekret seperti antibodi, tetapi meningkatkan produksi antibodi (oleh sel B) yang nantinya juga mematikan kuman. ah, kerjasama yang bagus!

sel T itu ibaratnya basecamp tempat support system berasal. klo dalam sebuah peperangan, ibaratnya sel T itu basecamp tempat persediaan senjata dan bahan pangan. sedangkan sel B jadi basecampnya pasukan, jadi klo pasukan kurang yang memproduksi ya sel B, tapi yang nyediain senjata dan bahan pangan ya sel T 🙂

nah, sistem pertahanan buatan yang di lakukan limfosit ini bersifat spesifik. kenapa? karena setiap perlawanan yang antibodi lakukan terhadap zat asing (antigen) adalah spesifik/tertentu. jadi, satu macam antibodi hanya melawan satu macam antigen. apabila antigen yang masuk dalam tubuh berbeda, maka jenis antibodi yang dibentuk oleh tubuh juga akan lain lagi.

betapaaa, betapa skenario Allah sangat indah. merancang sebegitu detailnya, padahal baru sistem pertahanan tubuh. :’)

ah Allah, Kau begitu romantis menunjukkan cinta-Mu. melalui cara apapun, cara-cara yang bisa membuat kita semakin terpesona karena keagungan-Mu.

ah, seandainyaa. seandainya sistem pertahanan tubuh yang luar biasa itu berlaku juga ketika kita menyikapi lelah.

lelah pertama karena aktivitas pertama, berhasil tertumpas habis karena perlindungan lapis pertama: senyum 🙂

lelah kedua karena aktivitas kedua, berhasil terkalahkan karena perlindungan lapis kedua: sabar 🙂

lelah ketiga karena aktivitas ketiga, berhasil terenyahkan karena perlindungan lapis ketiga: shalat 🙂

lelah keempat, lelah kelima, lelah keenam, ketujuh, kedelapan, kesembilan, kesepuluh, dan seterusnya, berhasil terkalahkan karena satu hal yang dahsyat: syukur 🙂

benarlah adanya. saat diri ini lelah bersabar, maka bersyukurlah.. sampai lelah -yang dalam hal ini kita anggap sebagai antigen, berhasil kita kalahkan. sampai kita benar-benar kebal dengan rasa lelah itu. tidak hanya kebal, bahkan sampai kita mencintai kelelahan itu sendiri.

tetap semangat shalihaaat 🙂 lelah yang kau rasakan sekarang adalah bentuk tarbiyah-Nya yang maha dahsyat. jika surga dan ridha-Nya adalah penghujungnya, maka apalagi yang membuatmu ragu dan merasa lemah? 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s