sederhana saja, aku tak mampu menyederhanakannya!


apa namanya?

jika perasaan itu tak mampu terdefinisi oleh kata

akal tak kunjung paham,

hati pun enggan mengelak,

apalagi sikap, yang hanya rangkaian ekspresi keduanya

 

aku tak mampu menyederhanakan perasaan

dari cinta menjadi perhatian

dari rindu menjadi keinginan untuk bertemu

atau dari kebanggaan menjadi untaian-untaian kata hebat

aku tak mampu

 

tapi sungguh,

yang aku tahu,

hati ini setia

seperti pelangi yang menunggu hujan

atau seperti bulan yang menemani bumi

atau mungkin, seperti bunga yang setia menunggu lebah

 

sesekali, tidakkah kau merasa?

saat jiwa ingin menyampaikan sebuah pesan

bahwa rasa rindu ini memuncak

bahwa perpisahan yang singkat justru membuat diri ingin segera bertemu

–sesegera mungkin

 

pasti kau bertanya

aku seringkali menghindar, bukan?

 

pernahkah kau mendengar?

kisah Jibril yang tak siap bertemu dengan Rasul saat menjelang pencabutan nyawanya?

bagaimana kau memaknainya?

 

ah ya,

rasa enggan bertemu itu bisa karena dua hal,

terlalu benci, atau terlalu cinta

dan sepertinya,

alasanku terhadapmu sama seperti alasan Jibril terhadap Rasul

 

yang aku tahu,

dulu, akan selalu equivalen dengan saat ini

mungkin lebih, atau bertambah

hanya saja, sekali lagi, aku tak mampu menyederhanakannya

 

maka,

bersediakah kau membantuku?

untuk menyederhanakannya saja

atau setidaknya, untuk mendefinisikan apa namanya

agar aku tak salah lagi dalam bersikap

agar aku tak lagi menyimpan harapan-harapan sirna

 

ya,

maukah kau membantuku?

sekali iniii saja,

untuk menyederhanakan sebuah kerumitan

agar diam kita tak lagi ambigu

agar hati dan sikap kembali sinergis

agar semua jelas terdeskripsikan

 

dan sungguh,

yang terpenting adalah

agar aku, tak lagi mencoba memahami apa yang kau rasakan!

 

 

27 November 2012

10 thoughts on “sederhana saja, aku tak mampu menyederhanakannya!

Leave a Reply

