Desa Inovasi Mandiri: Aktualisasi Karya Pemuda dalam Mewujudkan Kemandirian Indonesia


Kondisi suatu bangsa dapat direpresentasikan oleh keadaan pemudanya. Suatu bangsa dikatakan ideal jika pemuda yang ada di dalamnya berada pada kondisi yang ideal pula. Saat ini, sebagian besar pemuda Indonesia berada pada kondisi yang belum ideal. Pemuda Indonesia mengalami krisis moral dan kecintaan pada tanah air yang semakin luntur. Kebanyakan dari mereka lebih senang menghabiskan waktu di tempat hiburan daripada sekedar membaca dan menelaah nasib bangsanya. Pemuda Indonesia, khususnya mahasiswa, identik dengan kegiatan-kegiatan demonstrasi yang berujung pada kerusuhan. Padahal, demonstrasi bersifat abstrak dan tidak terukur. Sementara banyak aktivitas kemahasiswaan yang nyata dan menuai kebermanfaatan yang lebih luas.

Salah satu solusi yang dianggap tepat sebagai upaya memperbaiki permasalahan kepemudaan bangsa ini adalah perlu adanya reaktualisasi karya dan revitalisasi etos serta visi gerakan pemuda masa kini dalam menanggapi persoalan yang marak terjadi. Gerakan pemuda seharusnya berlandaskan pada semangat kepedulian dan keprihatinan untuk mewujudkan kemandirian Indonesia.

RCDC (Research and Community Development Center) adalah sebuah organisasi sosial non-profit di bawah naungan MITI (Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia) yang terdiri dari mahasiswa dari berbagai kampus dan disiplin ilmu. RCDC Bandung merupakan gabungan dari mahasiswa ITB, UPI, dan UNPAD. Salah satu program unggulan RCDC Bandung adalah Desa Inovasi Mandiri (DIM), yaitu sebuah program yang menjadi salah satu upaya aktualisasi karya mahasiswa untuk mewujudkan kemandirian Indonesia. Program Desa Inovasi Mandiri memiliki fokus pada 4 aspek permasalahan, yakni lingkungan, kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Cita-cita program Desa Inovasi Mandiri adalah menjadikan suatu model desa tingkat nasional, bahkan dapat menjadi referensi tingkat internasional, melalui pendekatan community development based local wisdom. Terdapat 6 profil yang hendak dicapai untuk menjadikan sebuah desa sebagai desa percontohan, yaitu kemandirian ekonomi dan keunggulan komoditi lokal melalui inovasi dan penerapan teknologi; keunggulan dalam taraf pendidikan masyarakat; eco-village dan zero waste technology; kemandirian energi berbasis sumber daya lokal (Green Energy); green and healthy living serta sentra tanaman herbal; dan eco-tourism. Melalui program Desa Inovasi Mandiri, diharapkan dapat menjadi panggung bagi generasi muda negeri ini untuk menunjukkan karya-karyanya, menularkan semangatnya dan menebarkan inspirasinya dalam rangka mewujudkan kemandirian Indonesia. Selain itu, program ini diharapkan dapat menjadi katalisator dan akselerator bagi karya dan hasil riset mahasiswa, agar dapat optimal terimplementasikan di masyarakat, yang pada akhirnya memaksimalkan kebermanfaatan yang dihasilkan.

Untuk membangun kemandirian Indonesia, kita tidak dapat melakukannya sendiri. Maka upaya tersebut harus dilakukan melalui langkah-langkah kecil yang dapat memberikan dampak besar dan ber-“efek bola salju” dalam memunculkan gerakan-gerakan dengan semangat yang sama: Mewujudkan Kemandirian Indonesia. Dalam kerangka tersebut, RCDC dengan program Desa Inovasi Mandiri memiliki tagline “not just social activity, it’s a movement!”.

“Jika bapak bangsa kita, Soekarno, hanya membutuhkan 10 Pemuda untuk dapat mengguncang dunia, kita memiliki jutaan pemuda yang siap membawa Indonesia menuju puncak kejayaannya!” (Raden Adjie Wicaksana, Kepala RCDC Jawa Barat)

—————————-

student xCEO summit 2012 😀

Advertisements

One thought on “Desa Inovasi Mandiri: Aktualisasi Karya Pemuda dalam Mewujudkan Kemandirian Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s