Summer Camp in Thailand: pre- and 1st day!


Hi everyone! Gimana ramadhan ke 28-nya? Ga kerasa ya kita udah sampai di penghujung Ramadhan.. Time goes so fast.. >_< semoga kita bisa memaksimalkan detik-detik Ramadhan terakhir tahun ini..

Well, di postingan ini, saya ingin berbagi tentang pengalaman saya menjejaki belahan bumi Allah yang lain, yaitu sewaktu saya diberikan kesempatan oleh Allah untuk bisa menginjakkan kaki di negeri Ganesha, Thailand pada tanggal 18-27 Juni lalu. Saya ke Thailand dalam rangka mengikuti 2nd NIDA Summer Camp yang diselenggarakan oleh salah satu Graduate School di Thailand, yaitu NIDA (National Institution of Development Administration). Sejatinya postingan ini dibuat untuk memenuhi permintaan dari banyak orang, saya diminta untuk sharing tentang apa yang saya dapatkan selama di Thailand.

Okay, let’s start!! 🙂

April, 10th 2013: First information

Nah, jadi sejarah awalnya kenapa saya bisa join international event ini sejatinya adalah karena iseng-iseng. Jadi sekitar bulan April, waktu itu saya masih hectic-hecticnya ngurusin seleksi mapres tingkat ITB. Saya disuruh buat paper, resume in bahasa, resume in English, dll. Di saat yang sama, ceritanya saya coba mampir ke grup facebook himpunan saya, Nymphaea. Tetiba saya melihat ada postingan tentang opportunity ikut summer camp ini. Awalnya saya enggan, but after looking forward the detail information, saya lihat biaya untuk akomodasi dan transportasinya full-funded by NIDA. Finally, saya tertarik untuk sekedar mengajukan aplikasi saya untuk mengikuti program ini.

Pas saya cek detail infonya lagi, ternyata oh ternyata, deadlinenya tanggal 11 April. Ah, how can @.@ Tapi pada akhirnya, saya tetap memperjuangkan. Yah waktu itu saya berfikir bahwa saya melihat postingan kakak tingkat saya di grup FB himpunan itu bukan sebuah kebetulan, tapi sudah dirancang oleh Dia Yang Maha Kuasa. So saya merasa aka nada miracle yang menghampiri saya di kemudian hari *ah lebay deh*

Jadilah saya langsung menyiapkan semua kebutuhan aplikasinya. Dari mulai hectic scan, nyari2 passport yang entah ada di belahan bumi yang mana (akibat saya sangat ceroboh dalam menyimpan barang), sampai akhirnya aplikasi lengkap. Keesokannya, tanggal 11 sore saya langsung ngirim berkas aplikasi saya via JNE ke Thailand.

May, 3rd 2013: Announcement of successful applicants

Subhanallah. Pengumumannya keluar juga, setelah sempat diundur beberapa hari. Waktu itu saya cukup bingung, eh tepatnya I feel like it was a dream, haha. Ah entahlah. Itu pertama kalinya saya bisa go abroad dengan usaha saya sendiri. Sebenernya di awal saya cukup pesimis bisa lolos, karena paper mapres saya dan tema umum yang diangkat oleh summer camp ini tidak terlalu berkorelasi. Saya membawa paper tentang Bank Lingkungan Inovatif, sementara tema umum dari summer camp ini tentang Green Economy concept. Subhanallah, tapi ternyata memang green economy concept itu punya definisi yang sangat luas, dan paper saya masih termasuk bagian dari tema yang diangkat. Pada intinya, I feel so great!! Akhirnya saya mendapatkan kesempatan untuk menjelajahi 3 kota besar di Thailand: Bangkok, Chao Bury, dan Kanchana Bury.

1st Day in Thailand (Bangkok, June 18th, 2013): Initial recognition

Alhamdulillah, tepat tanggal 18 juni 2013 pukul 10.45 saya tiba di Don Mueang International Airport (DMK) dengan selamat. Saya flight menggunakan maskapai air asia, depart pukul 07.20 dari CGK-Jakarta. It takes around 3 hours to reach Bangkok from Jakarta. Sebenarnya, sejak awal saya memutuskan untuk mengambil flight pagi karena saya berencana have a little walk around Bangkok city dulu, beradaptasi dan mengenal lebih dulu tentang Bangkok. Nah, ini dia penampakan Thailand from the top 🙂

20130618_101638

view from the plane

20130618_102419

Thailand, from the top

Kesan pertama saya tiba di DMK adalah “wow”. Banyak tulisan-tulisan yang tidak saya mengerti karena menggunakan huruf latin. Anyway, saya sempet take a photo juga di sana. Hihi

BNIdkITCcAAkx7G

my 1st photo taken at DMK airport

20130618_105534

Terminal 1-DMK airport, Thailand

20130618_110454

take away baggage room-DMK airport

   20130618_110949

take away baggage room-DMK airport

20130618_110958

1st floor of DMK airport

Yes. Miss Joy and Mr. Pig picked up me and Adi from the airport, with another campers, Benny (from Indonesia too), Gill and Jam (from philliphines). Next, kami menuju Metro Point Bangkok Hotel. Perjalanan Don Mueang Airport ke Metro Point Bangkok Hotel cukup lama, sekitar 1.5 jam. Dan di mobil, kami saling share banyak hal yang pastinya ❤ saya juga have a little look around Bangkok.

Sesampai di hotel, kami bertemu dengan Hakiki, another camper dari Indonesia, dari ITB juga loh. Dia udah stay lebih lama di Thailand karena sebelumnya dia sempat had a trip to Malaysia~

Setelah itu, kami langsung dibagikan kunci kamar. My roommate dari Cambodia, her name’s Bormey Ken. Yeaay, at that time I feel so excited to know her and feel like I can’t wait to share everything with her 🙂 ini dia penampakan kamar saya dan Bormey^^

994831_169805566534475_1696185098_n

sederhana tapi nyaman ya 🙂

1004761_169805569867808_1450960260_n

  ada TV juga nih, dan Alhamdulillah international channel 🙂 walaupun mostly in thai, tapi saya lebih banyak nonton NHK-Japan

1044698_169805656534466_264681690_n

inside my room

20130618_165910

view outside from my room

20130618_165942

view outside from my room

Setelah bebenah, kami (campers from Indonesia) memutuskan untuk shalat dzuhur+ashar, dan kami berencana untuk jalan-jalan di sekitar hotel untuk lebih mengenal Bangkok 🙂

Kesan pertama saya terhadap Bangkok adalah: ga jauh beda sama Indonesia. Yap, mungkin karena masih sama-sama asia tenggara ya. Uniknya, di Thailand ada ojeg juga loh. Tapi ojegnya well-organized. Mereka punya identitas semacam jaket khusus gitu. Taxi di Thailand seragam semua, warna mobilnya pink. Setelah berkeliling cukup lama, saya juga baru sadar kalau di Thailand, minimarket 7 eleven itu kayak al*amart atau in*omart di Indonesia. Minimarket yang paling banyak ditemukan di sana ya, 7 eleven.

Yap balik ke tujuan awal jalan-jalan: lunch! Karena kami muslim semua, jadi kami search makanan yang halal. Ada cerita unik ketika kami searching halal food di sekitar hotel. Di Thailand, pork menjadi makanan yang banyak ditemukan dan dijual di warung-warung makan. Ah, karena penduduk lokal Thailand tidak terbiasa speaking in English, jadi kami agak bingung juga saat itu untuk menjelaskan keinginan kami. Karena bukan hanya pork yang kami hindari, tetapi juga pork oil. Akhirnya untuk cari aman, kami makan telur dan sayur rebung. Parahnya, taste nya sama sekali nggak cocok. Kasusnya hampir sama kayak waktu saya ke Turki. Bedanya, waktu di Turki nggak ada rasanya, hambar. Tapi kalau di Thailand, rasa rempahnya terasa banget di lidah, dan sempet ngerasa eneg juga makannya 😥 anyway, it’s okay lah. Buat adaptasi awal aja :9

Setelah makan siang, kami pulang ke hotel untuk istirahat dan tidur. Soalnya tau kenapa? Thailand panas banget dong, lebih panas dari Jakarta, bikin males juga buat jalan2 jadinya haha -_-

Oiya, tadi saya lupa cerita. Jadi pas saya lagi bebenah di kamar, saya sempet denger adzan. Saya cukup antusias saat itu. Jelas lah, Thailand kan Negara yang mayoritas agamanya buddha, kok bisa ada adzan? Ternyata oh ternyata, di deket hotel, sekitar 20 menit jalan kaki dari hotel ada masjid yang lumayan besar. Di sekitar masjid ada district yang dihuni oleh penduduk muslim. Di sana juga banyak jajanan halal. Luar biasanya lagi, ada semacam madrasah gitu, tempat untuk belajar islam dan al quran lebih dalam. It’s so great to know that there is masjid in such a place like that 🙂

Nah, sorenya, roommate saya datang dari Cambodia. Terus kita ngobrol banyak hal tentang negara kita masing2, kita sempet share opini dan diskusi tentang kondisi pendidikan di negara kita. Dahsyat bgt!! Bormey orang yang super asyik buat diajak diskusi. That’s my first impression about her 🙂

Malamnya, saya dan campers dari Indonesia memutuskan untuk have a little walk around hotel. Kita pergi ke kampung muslim di deket masjid. Lumayan jauh jalannya. It’s near Chao Phraya river. Sayangnya kita cuma lewat aja, nggak sempet masuk ke masjidnya.

Nah, berhubung niat kita jalan-jalan adalah buat hunting makanan untuk makan malem, akhirnya kita telusurin kampung muslim yang di sekitar masjid itu. Bener banget, penjualnya muslim semua. Yang perempuannya semua berjilbab. Dahsyat!! Akhirnya soal kehalalan udah beres, tinggal masalah lidahnya cocok apa nggak Xp

20130618_194529

 ini dia penampakan tempat jajanannya 🙂

20130618_194508

ini penampakan warungnya 🙂

20130618_194500

muka-muka laper nih Xp

BNIebgzCYAEiG3J

warung yang jual buah dan Kung Satay :9

20130618_194916

Benny dan Adi, campers from Indonesia

Kita makan malem dengan tomyam, capcay, kung satay, dan buah. Untuk appetizernya (sok-sok an western ceritanya :p), kita makan Kung satay. Rasanya enak!! Semacam udang tepung yang dikasih sambal asam manis gitu. Untuk main course-nya, kita makan Tomyam dan Capcay untuk berempat (udah sama nasi), yaitu sekitar 199 baht. Di Thailand, kita bakal sering nemuin penjual buah. Soalnya perlu diakui memang, Thailand memang Negara yang kaya akan hasil pertanian dan perkebunan. Mereka sangat serius untuk mengelola sumber daya alam. Buah di sana murah banget, cuma 20 baht, yaitu sekitar 7000 rupiah.

20130618_195816

this is it!! capcay, gulai cumi, tomyam :9

20130618_213922

Kung satay nih. Oishiii X9

Setelah kenyang dengan makan malam yang super, kita beranjak pulang ke hotel. Waktu itu udah cukup larut, tapi kita tetep ambil jalan terpanjang untuk sampe ke hotel, biar bisa sekalian jalan-jalan.

Di tengah perjalanan, kami menemukan semacam tempat ngenet. Akhirnya kita sempetin untuk ngenet ganti-gantian di sana. It costs 30 baht/hour.

Setelah itu, kita balik ke hotel dan bertemu dengan campers dari negara lain. Intinya sih, kita sempet kenalan dulu dan ngobrol-ngobrol sedikit tentang perjalanan ke Bangkok, yang kemudian dilanjutkan istirahat di kamar masing-masing. We have to prepare ourselves for tomorrow, cause we will have a busy (actually a great) day!!

Advertisements

One thought on “Summer Camp in Thailand: pre- and 1st day!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s