Shukr reminder


sudah genap 3 minggu saya berada di negeri sakura (exclude seminar di Toyohashi kemarin). banyak sekali yang saya dapatkan disini. advanced technology yang saya temukan dimana-mana, kultur kehidupan yang luar biasa, persahabatan dengan international student, kebaikan-kebaikan yang terus mengalir dari orang-orang sekitar, juga pembelajaran hidup. dan selalu, saya selalu melihat ini adalah cara Allah dalam mencintai saya. mencintai hamba-Nya.

cerita itu dimulai sebelum saya berangkat ke jepang. waktu itu saya booking hotel di Kansai, Osaka untuk satu malam, terhitung 30 September-1 Oktober. jadi ceritanya adalah, maskapai penerbangan yang mengantarkan saya ke Jepang mendarat pukul 22.30 malam waktu jepang. padahal, tadinya saya berniat untuk stay di bandara saja, toh cuma satu malam. hitung-hitung ekplorasi Kansai airport dalam waktu semalam. soal makan, gampang lah, itu pikir saya. tapi ayah saya sangat khawatir, menimbang saya sendirian di negeri orang. akhirnya, saya booking hotel untuk satu malam. Kansai Airport Washington hotel, jaraknya dari airport sekitar 15 menit dengan mobil/bus. saya memilih hotel ini karena harganya terjangkau, tidak terletak di airport, tapi mereka provide free airport shuttle. nah, di sinilah awal masalahnya. awalnya saya cukup bingung gimana cara konfirmasi kedatangan di airport dengan penjemputan oleh pihak hotel. saya cari-cari email yang bias dihubungin nggak ada, adanya telpon. tapi saat itu saya berpikir, kalau saya telpon dari Indonesia, pastinya mahal, dan belum tentu mereka bisa speak English. kemudian saat itu juga saya ingat satu hal. manfaat dari punya jaringan internasional, bahkan sahabat, bukan sekedar teman.

Alhamdulillah, semua karena Allah yang telah menggariskan. saya punya banyak sahabat yang native Japanese. mereka baik banget. berawal dari sama-sama jadi peserta di IUES 2012, kemudian bertemu lagi di ISS 2013. mereka adalah… Kyoko, Daiki, Seiya, Yuki, Shinkai, Shota, dan mereka yang tidakbisa disebutkan satupersatu. mereka banyak membantu saya sampai saat ini. selama ini juga,kita selalu keep in touch via line sejak IUES 2012.

saya langsung nge-line Kyoko saat itu, dan cerita soal kesulitan saya. lalu apa yang dia lakukan? dia inisiatif untuk menelpon langsung pihak hotel dan konfirmasi jadwal landing saya. Kyoko juga menjelaskan harus kemana saya pergi setelah arrive di kansai airport. subhanallah, ini sangat membantu saya. akhirnya saya bisa tiba di kansai,osaka!!

DSCN1077

DSCN1069

DSCN1068

DSCN1067

cerita lainnya, sewaktu saya di masih di indo, teman saya ada yang bertanya soal Karuta. karuta ini ternyata semacam game jepang. karena waktu itu saya nggak tau, saya tanya ke Seiya. “what is karuta? do you know it?” waktu itu dia menjelaskan panjang lebar. kemudian berakhir dengan: “if you want it, I can give it for you.” baiklah, orang jepang memang baik.itu konklusi saya. dan cerita itu berlanjut sampai akhirnya Seiya mengirimkan karuta bersama snack caramel yang luar biasa enaknya. saya tidak perlu khawatir juga soal kehalalannya karena kakak Seiya seorang muslim, dan dia tau banyak apa yang boleh dan tidak boleh dimakan oleh muslim. thanks a lot to you, Seiya!

DSCN1101

DSCN1105

DSCN1110

cerita itu berlanjut saat saya memulai kehidupan di jepang. banyak kebaikan2 lainnya yang berdatangan. saya bertemu dengan senior2 satu kampus saya disini. mereka banyak membantu, bahkan sampai menjelaskan cara menggunakan devices yang ada di dorm (meskipun kemudian saya dijelaskan lagi oleh advisor saya sendiri). thanks to you all, brothers!! terutama buat kak reza dengan curry nya yang totemo oishii. 2 kali saya dapet supply curry dari kak Reza.

kemudian, kebaikan itu kembali berdatangan. saya dikirimkan 5 cups ramen halal (Alhamdulillah confirmed) dari teman native jepang saya di Toyohashi. ini cukup membantu memenuhi supply makanan harian. Alhamdulillah, thanks to you, Kitahara-san!!

DSCN1211

DSCN1214

DSCN1216

berbicara tentang hadiah, terima kasih juga buat teh sofa untuk kaus kaki, penutup telinga dan sarung tangan hangatnya. ini pasti berguna banget saat winter 🙂

DSCN1121

selain itu, terima kasih juga buat geng MSTEI untuk kaos kaki super tebel.alhamdulillah ini berguna banget walaupun belum masuk winter. brrr, disini cukup dingin. 13 derajat celcius di malam hari.

DSCN1124

terima kasih juga buat mbak heni atas jamnya.ini berguna banget buat bangunin biar nggak over slept 🙂

DSCN1125

terima kasih juga buat Shofi, adik saya yang super lembut dan dewasa. terima kasih atas hadiah handy clean-nya. sangat bermanfaat 🙂

DSCN1126

untuk teh Yangie, atas hadiahnya dari Europe. dari negeri kincir angin 🙂 terima kasih teteh, sukses untuk semuanya!! saya rindu dengan cerita dan kisah2 teteh 🙂

DSCN1119

terima kasih juga buat sahabat seperjuangan saya, teman cerita tentang semua hal, sahabat yang paling tahu kondisi saya lahir batin. mukena cantik ini insya Allah akan selalu mengingatkan saya untuk terus menjaga shalat,termasuk shalat malam 🙂

DSCN1114

juga buat Ito-san, atas hadiah dan pengorbanannya. jauh2 dari Tokyo buat ketemu saya doang di Toyohashi. saya cukup terharu. walaupun pada akhirnya kita nggak bisa ketemu karena waktu itu saya masih on the way back from Nagoya. terima kasih semuanyaaaaa.

DSCN1117

DSCN1118

kebaikan-kebaikan Allah lainnya adalah..saya sangat bersyukur bisa dipertemukan dengan teman-teman, yang sebetulnya saya anggap sebagai orang tua (karena banyak yang sudah berkeluarga). Mbak Hikmah, mbak Insa, bu Herni, mbak Vina, dan mereka semua yang luar biasa. mereka adalah teman2 PPI Ishikawa. saya mendapatkan beberapa barang pelengkap, seperti gelas, pring, sendok, baju, baju hangat 3 (nggak tanggung2 ya), syal, kaus kaki, dll. subhanallah ya. bahkan sebentar lagi setrika. Alhamdulillah.

kemudian, rasa rindu saya dengan masakan Indonesia juga terobati karena bantuan bu herni. sewaktu pengajian rutin sabtu kemarin, bu herni masak masakan Indonesia. ayam goreng, gado-gado, kroket, bolu pisang (enak banget!!), dan ditambah kiriman kolak dari mbak titan,, subhanallah..saat itu juga saya terharu. kenapa? karena 2 minggu di jepang saya nggak sempat untuk sekedar makan daging. oh ya, terlebih karena saya terlalu khawatir. thanks to you, bu herni! juga untuk mbak vina yang rela-relain untuk mgejemput saya dulu ke daigaku (universitas) untuk kemudian mengantar saya ke rumah mbak herni. luar biasa.

cerita terus berlanjut. teman2 di dorm yang sangat luar biasa! Rachel dari US, Noel dari Spain, Kiki dan Naeri dari China, Trang dari Vietnam, juga kedua advisor saya yang sangat baik, Saori dan Chihiro-san!! Alhamdulillah, kami punya banyak kesamaan kesukaan. kita sama2 suka drama jepang, lagu2 barat dan band jepang. kenapa ini menjadi penting? oh ya tentunya, karena hari2 kita jadi seru. ada pembahasan menarik di dorm. mulai dari ngebahas matsu-jun, arashi, drama-drama jepang, ngomentarin reality show di tivi (inget banget teriak bareng karena ada matsu-jun di tivi), sampe nyanyi lagu taylor swift di ruang tengah, dan saling ngasih rekomen drama jepang yang perlu ditonton #eaaa. ini cukup menarik buat saya. menemukan temen2 yang sama kesukaannya itu susah. serius deh. dari sini kita jadi gampang deket. terutama buat saori-san nih. karena kita sama-sama suka masak. kita saling ngomentarin masakan kita. “too salty” atau “too spicy”, dll. Alhamdulillah 😀

bagaimana dengan teman2 lab saya? waw, saya sulit sekali mendefinisikan mereka. baik bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeetttttt. bahkan saya sering banget ngerasa nggak enak karena selalu merepotkan mereka. mereka sampai buat welcoming party khusus untuk saya. terimakasiiiih. untuk tutor saya juga, Kana-san, yang selalu mengantar saya shopping naik mobil kawaii-nya.  juga untuk professor saya yang sangat luar biasa. mau menerima saya di lab beliau, dan mensupervisi riset saya. bahkan, mengajak saya ke Dunhuang city, China In the next summer!! (another mission will be accomplished soon!)

saya terharu. saya terharu. saya nangis nulis post ini.

kemudian, cerita lainnya, tentang sensei-sensei saya disini. Matsuda-sensei, Miura-sensei. they are very kind. I can say it surely. mereka baik banget. dua kali saya diantar belanja oleh sensei saya naik mobil. matsuda-sensei ke supermarket tempat belanja kebutuhan harian. miura-sensei ke tempat2 khusus untuk belanja kebutuhan musiman. dan yang saya terharu adalah, ketika miura-sensei bilang: “I worry about you and some students from south-east asia country. you are different from us. I will pick you up to the place where you can buy warm clothes and anything in a cheap price.”

WOW.

saya terkejut dengan perkataan beliau. speechless. dengan semangatnya beliau mau meluangkan waktunya untuk saya dan teman saya dari Myanmar untuk berkeliling ke tempat2 itu.

tapi memang, hubungan saya dengan miura-sensei cukup dekat.kenapa? I guess karena saya satu-satunya Indonesian student yang mengambil kelas tambahan VOTAK. di kelas ini kita bisa berinteraksi dengan native Japanese secara langsung dan free talking dengan mereka, about anything! nah, di pertemuan pertama, saya cukup aktif dan antusias. sejatinya, saya adalah orang yang gampang mendapatkan sahabat, atau setidaknya teman dekat. dan di hari yang sama, miura-sensei meminta saya untuk presentasi pengalaman saya 12 hari di jepang untuk pertemuan berikutnya. dengan semangat saya jawab: YES sensei, I will!! saat itu sensei kaget karena saya mau jadi volunteer untuk presentasi. sejak saat itu saya jadi dekat dengan miura-sensei. dan di pertemuan selanjutnya, saya adalah orang yang paling dikenal di seantero kelas #lebay. Alhamdulillah, saya senang bisa sharing-sharing dengan mereka. mereka antusias mendengarkan presentasi saya, sampai ada yang nge-record. saya terharu T__T terutama pas mereka ngasih big applause di akhir presentasi. terharu sangat. saya bersyukur mengambil kelas ini.

DSCN1374 DSCN1380 DSCN1381

cerita lainnya. saya suka banget pendidikan!! dan saya pengen tau bagaimana system pendidikan di jepang. berangkat dari alasan itulah saya mengambil mata kuliah education in japan. Alhamdulillah, saya akan banyak visit ke sekolah2 di kanazawa. insya Allah akan ada 3 kali visit, mengunjungi 5 institusi pendidikan di kanazawa. all is free!! jadi disini sebenernya sekalian jalan2 keluar kampus 😀

oiya, saya juga mau cerita tentang kiriman paket yang baru saja tadi sore sampai di dorm. tebak dari siapaaa? dari Okaa-san, otoo-san, dan Yuuri. dari Toyohashi. subhanallah. mereka baik banget. apa yang mereka kirim? saya kaget banget. mereka ngirim banyaaaaaaaaaak banget baju hangat. jaket, sweater, syal, baju hangat. bahkan Yuuri ngasih souvenir2 jepang banyaak banget, termasuk notes dan post card. saya terharu. serius. saya terharu banget. bahkan Okaa-san dan Otoo-san mau berkunjung ke kanazawa summer tahun depan, sekitar bulan juni. dan saya akan segera ketemu Yuuri liburan 2 minggu pas winter. Alhamdulillah. dan kalian tau? semalam saya kontak2an sama Yuuri via line. starting from today, for one week later, mereka akan trip ke Europe. waw. lagi. ke Europe.

DSCN1481 DSCN1483

juga satu hal yang terus saya syukuri sampai saat ini. satu hal yang sangat saya syukuri di atas semuanya. saya dipertemukan dengan murabbiyah yang luar biasa.seorang ummi dengan 4 orang anak dan suami yang luar biasa. beliau banyak memberikan advise dan bantuan pada saya. nasihat-nasihat beliau sangat menenangkan saya. beliau membuat saya merasakan memiliki ummi kedua disini. terima kasih,teteh! 🙂

DSCN1197

ya. itulah mereka. mereka yang dikirimkan oleh Allah untuk menjadi washilah datangnya kebaikan. terima kasih Allah,terima kasih atas semuanya hingga saat ini. selalu ada alasan untuk terus bersyukur.selalu ada alasan untuk terus mempersembahkan yang terbaik pd-Mu. Alhamdulillah. terima kasih juga untuk kalian semua.

sejatinya, banyak kisah-kisah lainnya yang ingin saya ceritakan,tapi mengingat saya sudah mulai mengantuk, jadi saya akhiri dulu ya 🙂

sampai jumpa di postingan selanjutnya!!!

3 thoughts on “Shukr reminder

Leave a Reply

