Dear Kak Dita…


Postingan kali ini saya tulis spesial buat seseorang yang malam ini lagi deg-deg an karena besok akan ada ritual menghebohkan sejagad raya. Buat seseorang yang cukup mempengaruhi kehidupan saya sampai saat ini. Buat dia yang berada nun jauh di sana..

Dear Kak Ditong,

Pasti lagi deg-degan banget yah. Aku tebak, kakak pasti lagi mandangin bulan di deket jendela kamar, sambil ditemenin lagunya chibi maruko chan (apa lagunya doraemon yah?) *haha salah banget lah*. Terus tiba-tiba terlintas kilas balik peristiwa sejarah kehidupan dari mulai lahir sampe sekarang..*haha lebay amat*

Mulai dari..

“kenapa gue terlahir ke dunia? (waktu itu gue keluar kepala dulu atau kaki dulu yah?”

“kenapa gue sekolah di SMA 39? ketemu si Neng Tanty dan mengukir sejarah bersama *ceileh*

“kenapa gue masuk ITB? ketemu adek nggak tau diri yang ngintilin gue ke Kanazawa. merebut semua kisah indah gue bersama kampung tercintah.”

“terus..kenapa gue bisa di Tokodai, sampai Allah ngasih kesempatan ke gue buat sekolah lebih tinggi biar bisa berkontribusi lebih banyak untuk Indonesia..”

“dan pada akhirnya.. kenapa Allah mempertemukan gue dengan pangeran yang berhasil menemukan pasangan sendal jepit gue yang hilang…”

(sambil berfikir keras membaca pikiran kak Ditong)

jawabannya, cuma Allah yang tau kak. yang aku tau, semua ini jawaban atas setiap doa dan pengharapan kakak. mungkin kakak nggak pernah nyangka kalau pada akhirnya bakal ketemu aku di IUES, berawal dari chat BBM tentang aplikasi IUES. aku inget banget, waktu itu aku lagi ngejar 2 deadline project di malem kita chat BBM. sampe akhirnya kita bisa ketemu di IUES.

kak, kakak ketebak banget deh 😀 *haha aku aja sampe nyadar sesuatu tentang itu tuh waktu pertama kali kita chat BBM. wkwkwk *udah ah nggak usah dibahas* move on shab.

sampe akhirnya kita ketemulah di IUES. waktu itu, aku emang nggak kenal deket banget sih sama kakak, tapi kita lumayan bisa ngobrol lah ya. sampe akhirnya aku suka jepang, dan bertekad aku mau exchange di jepang.

sampailah aku berjuang untuk mengejar exchange di Tokodai dan kemudian aku gagal di tahap wawancara. tapi aku maju terus tak kenal henti, semangat empat lima untuk ngejar KUSEP. sampe nangis2 karena deadline waktunya nggak nyantai di tengah2 kehectic-an ngelab dan jadwal ujian.

alhamdulillah, akhirnya aku bisa ngebuntutin kakak ke kanazawa, ketemu orang2 yang emang pada dasarnya udah tau betul gimana kehebohan kakak.

kemudian, sampailah kita pada perpotongan dua buah garis takdir. kita bertemu sebelum pada akhirnya kita berpisah di dua kota namun satu negara. kita bertemu di bandung waktu mau reunian IUES, dan kakak harus ke nikahan orang juga. haha, waktu itu urusan pin jilbab aja hebohnya… haha bikin orang serumah pada ngurusin kakak.

ah kak diiiit, sebagai adik yang sayang sama kakaknya, aku teh alhamdulillah banget pada akhirnya aku punya kakak heboh yang ngerti aku banget. pesen-pesen penuh makna yang kakak kirim lewat email nggak cuma aku tempel di dinding kamar, tapi aku tempel di dinding hati dan diselipin di lorong pikiran *apa sih shab* jujur kak, aku ketularan heboh dari kakak. haha

entah kenapa ya kak, kakak tuh bisaaaa banget ngebuat orang jadi inget banget sama kakak. selalu ada keunikan tersendiri yang kakak tinggalin sampai akhirnya orang2 tuh bisa inget banget sama kakak. aku yah, selama di kanazawa, pembicaraan aku dan orang2 disini nggak pernah lepas dari ngebicarain tentang kehebohan kakak. bahkan sama sensei2 disini, selalu ajah, ada waktu dimana kita ngomongin kakak dan segala keunikannya. dari mulai Saiki sensei yang bilang, “Dita is amazing. she is always being cheerful.” Miura sensei yang bilang, “Do you know Dita? She is very funny. If there is someone who makes me laugh in the class, it should be Dita.” dan Fukagawa sensei.. yang betapa senangnya waktu ngedenger kakak mau 結婚. Bisa dibilang,aku deket sama sensei-sensei disini nggak lain karena kita punya bahasan, ya tentang kakak. haha

bahkan ya, akuu juga bingung kenapa orang2 juga pada bilang “ih kok kamu mirip sih sama Dita?” “kamu kok kayak Dita sih?” haha. apa sih kak yang bikin kita mirip? gendutnyah? haha. mungkin ya. tapi kan kan kakak udah program nih, aku juga udah mulai program dong. haha *gamaukalah*

aku seneng kak kita dimiripin, soalnya aku juga pengen banget kayak kakak yang bisa membuat jejak di sekitar. itu salah satu yang aku pelajari dari kehidupan kakak. kakak selalu berhasil membuat jejak bagi orang-orang di sekitar kakak. mana ada anak2 ITB yang nggak kenal Dita si penguasa dunia? klo nggak kenal pasti nggak gaul sih.

kedua, aku belajar bagaimana kakak memperlakukan spesial orang2 di sekitar kakak. ibaratnya, “woy, kalian tuh berharga buat gue. klo kalian nggak ada, gue bisa apa?” itulah yang akhirnya ngebuat jiwa sosial kakak tinggi dan kakak juga diinget sama orang2 sekitar..

ketiga, aku belajar dari semangat super kakak yang luar biasa buat nuntut ilmu, buat kontribusi untuk indonesia. “sejauh apapun gue melangkah, sejauh apapun gue terbang menuntut ilmu, gue bakal balik ke indonesia dan membangun negeri gue tercinta.” itu kak dita banget lah pokoknya.

keempat, aku belajar dari quotes yang kakak bilang “di atas langit masih ada langit, shab”. betapa kakak ngajarin aku buat rendah hati, tapi bukan rendah diri. ini dia yang akhirnya memicu kakak untuk terus berkarya.

kelima,keenam, ketujuh, dan seterusnya, biar aku simpen baik2 aja kak, terlalu banyak kalo harus disebutin satu persatu..

haaaah, makasih banget ya kak udah mau direpotin di Tokyo eki waktu aku lupa letak coin locker tempat aku naro barang aku. hiks maaf banget akhirnya kita belum bisa ngobrol banyaaaaaak. terus makasih banget buat starbucksnya. sumpah itu sekali2nya aku minum コーヒーnya starbucks. *haha kemana aja lo shab*

maafin juga adekmu ini yang selalu mengganggu lewat line yang sekedar manggil nggak jelas, terus udahan gitu.

aku jadi inget waktu kakak nyuruh aku push up sama riedha gara2 aku main di Tokyo terus tinggal di apato kakak 4 hari. terus malem itu lampu mati, air panas nggak berfungsi. terus kita heboh nelpon2 kakak yang waktu itu lagi di kanazawa, terus sampe kita nelpon orang2 di indonesia juga karena nggak ngerti cara ngeoperasiin sekringnya ahaha. *terus aja lama2 nabrak* dan ternyata… cuma turun doang listriknya. kita kurang kenceng gitulah pokoknya naikin sekringnya. inget bangetlah kk bilang,”ya ampun lo berdua ya. push up ga lo sekarang!” haha. maaf kanjeng ratu.

ngerti kok kak ngerti, gimana keselnya kakak karena kita ngeganggu malem indah kakak di kanazawa, haha. あの時はごめんね。

ah kaaaaaakkk,kita di sini malah makin susah buat ketemu yah. hiks.

pokoknya nanti harus ada resepsi di kanazawa!!! harus banget makan udon bareng!! lah iya juga berarti nanti kita nggak akan berdua yah. m(._.)m

aaaaahhhhh kakaaaaaakkk, sampe bingung mau ngomong apalagi. haha

anyway, masih ngeliatin bulan kak? tulisan aku bisa bikin agak lega nggak nih? haha.

sekarang, to the point aja yah aku….

waktu itu kakak pernah bilang kan, “shab, gue takut. gue khawatir. doain gue yah.”

iya kak, pasti aku doain. kan aku udah bilang, aku doain kok. 約束したよ。

ada yang lebih penting kak.

ini firman-Nya,

“Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekauan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku. (Q.S. Thaha [20]: 25-28)”

dan firman-Nya yang lain…

“Dialah yg telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit & bumi & adl Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al Fath:4)

Insha Allah, dia pilihan Allah, kak. Kakak nggak perlu khawatir. Yang kakak perlukan sekarang adalah, memantapkan hati. Meminta kemantapan dari Allah. Meminta ketenangan dan kasih sayang Allah. Bukankah menikah itu tentang membangun keluarga yang SAKINAH, MAWADDAH dan RAHMAH?

Baarakallahu lakuma, wa baraka ‘alaikuma wajama’a baynakuma fii khayr…

Ada dua pilihan ketika bertemu cinta; jatuh cinta dan bangun cinta. Padamu, aku memilih yang kedua. Agar cinta kita menjadi istana, tinggi menggapai surga. (Salim A. Fillah)

34IUES 2012-Dinner

1499630_733317976680716_952832806_n

Minato Mirai 21-Winter in Tokyo

1545941_733317810014066_562545006_n

Minato Mirai 21-Winter in Tokyo

_________________________

teruntuk kakak sholihah super heboh,

kak Annisa Anindita Zein

Kanazawa, Japan

16 Mei 2014

Leave a Reply

