metamorphosa: learning is always fun!


Postingan ini randomly saya tulis karena tiba-tiba saja saya merasa perlu menulis ini *apacobashab* Cerita ini tentang perjalanan saya belajar menulis, menuangkan ide menjadi karya, dan dalam rangka mencoba perpanjangan ranah profesi sebagai scientist.

Nah, ceritanya berawal dari keisengan saya ngutak-ngatik folder di laptop saya. Saya menemukan folder bertuliskan: “PKM-K 2011”, “PKM-P 2012” dan “PKM-M 2014″. Nggak kerasa, selama hampir 5 tahun jadi mahasiswa sudah 3 kali ikut PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), dan ketiganya berbeda kategori :”)

Mau tau gimana ceritanya? Yuk disimak 🙂

Tahun pengajuan: 2011

Di tahun ini, saya terlibat di Kementerian Kewirausahaan Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB. Saat itu saya mendapatkan kesempatan belajar  banyak mengenai entrepreneurship. Kenal dengan beberapa pengusaha sukses dan bisa meeting and direct coaching sama mereka itu rasanya..irreplaceable moments banget 😉

Akhirnya, saya memutuskan untuk terjun ke dunia kewirausahaan lewat PKM ini deh :’) Ibaratnya, mau cari tahu, saya passion nggak sih disini hehe XD

PKM-K (Program Kreativitas Mahasiswa-Kategori Kewirausahaan)

Karya:  Shilo: Baju Muslimah Dengan Lengan Lepas-Pasang, sebagai Pakaian Penunjang Kedinamisan Wanita.  

pkmk

Gambar 1. Cover proposal PKM-K 2011

shilo

Gambar 2. Website SHILO (http://busanamuslimahshilo.wordpress.com/)

Hal yang melatarbelakangi kami mengusulkan ide ini adalah karena pengamatan kami terhadap masalah fashion muslimah. Menurut pengamatan kami, salah satu segmen masyarakat yang sangat membutuhkan inovasi dalam desain busana adalah wanita muslimah. Hal ini dikarenakan wanita muslimah membutuhkan pakaian yang tertutup rapi dan menutup aurat, namun harus tetap dapat mendukung aktivitasnya sehari-hari. Sementara keragaman produk busana yang tersedia bagi pangsa pasar ini masih terbatas. Selama ini wanita muslimah mengalamai permasalahan dalam memilih pakaian, terutama yang bisa mendukung mobilitas untuk bekerja di dalam dan luar ruangan.

Menimbang prospek bisnis ini, akhirnya kami merancang sebuah produk yang bernama Shilo (Short Hand Inside Long Outside). Shilo adalah baju dengan sistem lepas-pasang, yaitu baju dengan potongan  kain pada bahu dan pinggang yang dapat disambung dengan potongan pakaian lain sehingga membentuk pakaian yang utuh. Dengan mengganti potongan pakaian pada bagian bahu saja, muslimah dapat terlihat menggunakan pakaian yang sama sekali baru.

Tahun pengajuan: 2012

Beralih dari dunia kewirausahaan ke riset. Kenapa? Hal yang mendrive saya terutama adalah karena tuntutan menjadi kasubdiv riset dan pengembangan di himpunan Archaea. Akhirnya bersama sang kadiv yang juga jadi ketua proyek riset ini, kita memutuskan untuk menuangkan ide dari short-brainstorming kita menjadi usulan PKM kategori penelitian.

PKM-P (Program Kreativitas Mahasiswa-Kategori Penelitian)

Karya: Uji Efektivitas Mikoriza Rumput Iklim Kering Untuk Peningkatan Pertumbuhan Padi di Tanah Kering.

pkmp

Gambar 3. Cover PKM-P tahun 2012

pkmp2

Gambar 4. Persiapan medium tanah dan uji pertumbuhan.

pkmp1

Gambar 5. Uji pertumbuhan padi dengan medium tanah yang mengandung mikoriza rumput kering.

Di tahun 2013, saya skip karena exchange ke Jepang 1 tahun.

Lalu kemudian, di tahun 2014 ini…

Saya mengambil salah satu mata kuliah wajib mikrobiologi, yaitu manajemen bioindustri dan kewirausahaan. Di mata kuliah ini, kami ditreatment untuk bisa merancang bisnis berbasis proses mikrobiologis. Goal akhirnya adalah berupa proposal bisnis yang harapannya bisa diimplementasikan.

Nah, kebetulan saya bergabung dengan kelompok yang alhamdulillaaah banget isinya adik2 yang punya passion yang sama dengan saya. Saat perancangan bisnis itu kebetulan banget bertepatan dengan submission PKM, makanya orientasi saya langsung ke arah PKM ini. Waktu itu saya langsung bilang ke adik2 sekelompok, “Ayo kita submit proposal bisnis ini ke PKM-K. Soalnya sayang banget kalo akhirnya cuma jadi draft proposal bisnis yang disimpen sama bu dosen xixi *sambil nyengir”

Beruntungnya ya, respon mereka, “Ayo banget kak!” “Siap kak!”

Secara sih, adik-adik di tim saya ini ya, orang2 penting semua di himpunan. 1. Ketua super divisi profesi dan pengabdian masyarakat himpunan, 2. Ketua divisi pengabdian masyarakat, 3. Ketua divisi riset dan keprofesian, 4. Anggota riset dan keprof himpunan. Ngerasa beruntung banget sih karena mereka punya visi yang sama dengan saya 😀 untuk penyamaan suhu udah gampang deh kalau diawalnya aja udah lancar :))

Tapi di tengah jalan, saya langsung banting stir untuk masukin proyek ini ke kategori pengabdian masyarakat. Kenapa? Karena kalo untuk skala bisnis kayaknya masih harus trial and error dulu. Dan saya kepikiran untuk menjadikan proyek ini sebagai proyek integrasi riset dan pengabdian masyarakat himpunan Archaea. Sebenernya nggak bisa dibilang banting stir juga sih, soalnya masih berhubungan. Orientasinya saja yang berubah.

pkmm

Gambar 6. Cover PKM-K tahun 2014.

Proyek ini sebenarnya bisa dibilang merupakan extended project dari penelitian saya bersama temen-temen mikrobiologi 2010 sewaktu kami mengambil mata kuliah mikrobiologi analitik di tahun 2013 lalu. Di mata kuliah ini kita belajar untuk menghasilkan produk fermentasi yang terstandardisasikan dengan baik, sehingga dapat di-scale up sampai skala industri. Nah, produk yang kita buat ini dipamerkan lewat acara Fermenstation yang merupakan annual event yang diadakan oleh mahasiswa mikrobiologi ITB.

Karena produk kelompok saya mendapatkan respon yang sangat positif dari beberapa dosen SITH, akhirnya saya kepikiran untuk menscale-up produknya. Hanya karena saya harus berangkat ke Jepang untuk exchange, akhirnya saya pending sampai saya kembali ke Indonesia.

Sepulang ke Indonesia, berhubung beberapa teman sekelompok sudah ada yang lulus, dan yang lainnya masih disibukkan dengan TA, saya membuat proyek ini sebagai proyek pengabdian masyarakat himpunan :)) yang jatohnya jadi program adik2 angkatan 2011. Tentunya saya meminta izin dari teman2 sekelompok saya. Itulah pentingnya etika dalam dunia riset 🙂 alhamdulillah mereka senang dan bahagia XD *apasihshab

milk

 

 

 

 

 

Gambar 7. Logo MilCorn Yoghurt.

Logonya masih dalam perbaikan juga, jadi masih belum fixed :))

Sekali mendayung, harus banget dong 2-3 pulau terlampaui. Oleh karena itu, saya selalu melakukan satu hal untuk banyak orientasi. Saya menyebutnya multiple orientations. Sama kasusnya dengan ‘kecelakaan’ saya pergi ke Thailand karena iseng-iseng submit abstraksi bahasa inggris dari paper yang saya buat untuk seleksi mapres XD

Alhamdulillah anyway! Semoga dengan menjalankan proyek PKM ini saya bisa mengisi dua semester terakhir ini dengan karya yang lebih banyak lagi. Sehingga bisa menjadi salah satu rangkaian sejarah kehidupan saya dan temen2 yang terlibat :))

Selain itu juga, kemudahan dari Allah karena alhamdulillah riset saya selama setahun di jepang sudah approved untuk dijadikan graduation thesis saya, jadi saya hanya tinggal menyusun in Bahasa. Soal collecting data riset, karena semua sudah dilakukan selama di Jepang, jadi saya hanya tinggal menulis saja. Alhamdulillaaah,  semua karena kemuliaan Allah yang terus mengalir :))

Selama ini, saya merasa bahwa banyak sekali kejadian yang selaras dan beriringan di satu waktu. Inilah yang menjadi reminder bagi diri saya pribadi tentang sebuah potongan ayat di alquran. Haadzaaa min Fadhli Rabbi. Bahwa kemuliaan itu mutlak bersumber dari Allah. Maka menjadi penting juga bagi kita untuk bersegera menyambut urusan yang lain di saat urusan sebelumnya telah usai. Faidzaa faraghta fanshab, wa ilaa Rabbika farghab 🙂

 

Bandung, 9 Oktober 2014.

Kilas balik sejarah dalam rangka metamorfosa diri: learning is always fun!

Leave a Reply

