Dikenal Penduduk Langit


Aku hanya ingin dikenal penduduk langit.

Mereka tak mengenal terang dan gelap.

Mereka adalah CCTV paling canggih sejagad raya.

.

Aku hanya ingin dikenal penduduk langit.

Aku rasa, penilaian mereka paling objektif.

Tak mengenal suap atau ancaman.

Melaporkan tepat sesuai penglihatan.

.

Aku hanya ingin dikenal penduduk langit.

Sebab hanya di hadapan merekalah keikhlasan diuji.

Tak ada rekayasa atau melebih-lebihkan.

Tak ada polesan kata yang dipercantik.

Tak ada sikap atau perbuatan yang diada-adakan.

.

Aku hanya ingin dikenal penduduk langit.

Menulis bukan untuk meminta apresiasi.

Bertutur bukan untuk mendapatkan penghargaan.

Menasihati bukan untuk membuat kenangan.

Karena pada dasarnya segala tindak tanduk akan dipertanggungjawabkan.

.

Aku hanya ingin dikenal penduduk langit.

Bukan karena aku merasa paling baik amalnya atau jauh dari dosa,

Tetapi karena aku tak ingin dikenal penduduk bumi.

.

~SNA, 2017

Photo taken at Dunhuang city, 2014

Leave a Reply

